Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 26 Juli 2011

Perbedaan Virus Dengan Program Komputer Lain

21.05
virus, virus komputer, program, program komputer, virus berbahaya
Virus Komputer mempunyai perbedaan dengan program aplikasi komputer lainnya, yang antara lain yaitu :

Kemampuan Mendapatkan Informasi Yang Penting
Banyak sekali virus-virus komputer yang didesain untuk menginfeksi file-file atau program tertentu, misalnya saja sebuah virus akan menginfeksi atau menulari semua file yang ber-ekstensi .txt ataupun .jpg, maka virus tersebut akan akan mencari informasi tentang file-file atau program-program yang ada. Setelah virus itu mendapatkan informasi tersebut, maka akan kemudian disimpan di memory atau disimpan di file tertentu yang telah yang telah di-set attributnya menjadi hidden ( tersembunyi ).

Kemampuan untuk Menyembunyikan Diri dan Data yang Dibuat
Seluruh aktivitas yang dilakukan virus haruslah tidak terlihat, baik dari user ataupun dari komputer. Hal ini menjadi suatu seni keindahan sebuah virus komputer.  Biasanya kita bisa melihat seluruh proses yang ada pada komputer hanya dengan menekan Ctrl+Alt+Del, maka akan muncul kotak yang berisikan proses-proses yang berjalan di komputer ( Task Manager ). Sebuah virus yang berkualitas adalah virus yang tidak terdeteksi trapping tersebut ataupun antivirus.

Kemampuan Manipulasi
Kemampuan ini digunakan virus untuk memunculkan pesan, gambar, menghapus file, mencuri data dan aktivitas-aktivitas lainnya yang sering sekali merugikan kita.

Kemampuan Menggandakan Diri
Kemampuan ini harus ( wajib ) dimiliki oleh sebuah virus, karena kemampuan ini berguna sebagai perkembang-biakan sebuah virus. Seringkali sebuah virus memasang penanda dan menyisipkan program untuk menggandakan diri.

Kemampuan Untuk Memeriksa Program atau File
Ketika menginfeksi sebuah file, virus harus bisa memeriksa apakah file tersebut telah terinfeksi atau belum. Biasanya virus akan memeriksa byte yang dipakai oleh virus tersebut ( penanda ). Apabila penanda tersebut telah ada, maka virus tidak akan menginfeksi file tersebut. Virus akan mencari dan kemudian menginfeksi file-file yang belum ada penanda-nya.

Itulah beberapa perbedaan yang ada antara virus komputer dengan program komputer lainnya. Yang jelas, apapun perbedaan itu, sebagian besar virus sangat merugikan bagi kita. ( Meskipun ga semuanya seperti itu.... ) Jadi, berhati-hatilah dengan virus-virus yang berkeliaran di sekitar kita...!