Berita Terbaru
Loading...
Rabu, 27 April 2011

Tips Merawat Hard Disk PC Anda

12.33
harddisk, harga harddisk
Tips Merawat Hard Disk PC

Meskipun dewasa ini harga PC, Laptop, Notebook maupun komponen-komponennya sudah semakin murah dan terjangkau, namun tak ada salahnya kita merawat dan memelihara dengan baik segala piranti komputer kita agar umur dari piranti dan komponennya tersebut bisa lebih lama dari biasanya. Di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin bisa anda coba untuk merawat dan memelihara perangkat komputer anda.


1. Menjalankan chkdsk
Untuk mengantisipasi error pada harddisk, kita bisa mencoba menanganinya dengan chkdsk. Error berupa masalah tabel partisi, bad sector, cluster yang hilang, error directory, atau file yang tersebar bisa dicoba ditangani lewat program chkdsk. Error pada harddisk bisa menyebabkan harddisk tidak bisa booting, dan pada akhirnya downtime.

2. Gunakan Utility Monitoring
Sekarang telah tersebar banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk memantau kesehatan harddisk anda, Salah satu yang bisa dijadikan pilihan yaitu Acronis Drive Monitor, Aplikasi ini mampu memantau suhu harddisk hingga persentase ruang kosong harddisk.

3. Instalasi Sistem Operasi dan Data Cecara Terpisah
Dengan memisahkan data ke harddisk yang berbeda, pembacaan / penulisan di harddisk tempat instalasi sistem operasi akan lebih sedikit karena banyak operasi I/O terjadi pada harddisk data. Dengan melakukan hal itu, kita bisa memperpanjang umur harddisk tempat SO diinstall serta mempermudah pemindahan data jika harddisk SO gagal.

4. Sirkulasi Udara yang Cukup
Meskipun terkadang dianggap kurang terlalu penting, tapi masalah sirkulasi udara juga perlu mendapat perhatian. Jika PC diletakkan pada ruang yang sempit, maka komputer akan selalu dalam keadaan panas, yang akhirnya akan memperpendek umur komponen didalamnya. Jika memang terpaksa diletakkan pada ruang / tempat yang sempit, cobalah memberi tambahan kipas untuk menyedot panas dari dalam PC.

5. Mewaspadai Arus Statis
Masalah ini sebenarnya tidak perlu disebutkan lagi, Arus statis merupakan musuh besar komputer. Perhatikan peletakan harddisk. Terkadang kita meletakkan harddisk di atas speaker, TV maupun perangkat lainnya yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik.

6. Defragmentasi Harddisk
Drive yang terfragmentasi, didorong untuk bekerja lebih keras daripada yang seharusnya. Padahal semua harddisk harus digunakan pada kondisi yang paling efisien untuk menghindari pemakaian yang berlebihan. Untuk cara amannya, aturlah PC anda untuk defragment setiap minggu. Ini berfungsi untuk memperpanjang umur harddisk agar lebih efisien dengan menjaga struktur file.

7. Melakukan Penghematan Daya
Sebagian besar OS dapat mengkonfigurasi harddisk untuk diam setelah rentang waktu tertentu, usahakan selang waktunya tidak kurang dari 15 menit karena ketika tidur, harddisk tidak berputar sehingga tidak ada energi yang tersedia.

8. Melakukan Back-Up Rutin
Terakhir, Untuk mewaspadai sewaktu-waktu harddisk anda tewas, akan lebih baik jika anda teratur melakukan back up. Banyak tersebar utility back up dewasa ini. Jadi apa salahnya mencegah sesuatu yang tak diinginkan ???