Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 02 April 2011

Karakteristik Utama Orang Yang Kreatif

00.12
Para ahli selama bertahun-tahun telah melakukan studi di lapangan tentang gaya kehidupan orang-orang yang kreatif sehinggi bisa kita contoh dan bisa kita pelajari. Di bawah ini merupakan 8 karakteristik orang-orang kreatif yang telah disimpulkan oleh para ahli.

Pertama,  Tidak Mudah Mengikuti Arus
Mereka tidak mengikuti hal-hal yang bisa dikatakan "pada umumnya manusia" ( not following the rule ). Orang yang kreatif sadar kapan mereka harus mengikuti apa yang orang-orang lakukan dan kapan mereka tidak perlu mengikuti apa yang orang-orang pada umumnya lakukan. Orang Kreatif tidak menggunakan paham ikut-ikutan secara membabi buta. Mereka tidak mendengarkan semua, namun juga tidak menolak untuk mendengarkan semuanya.

Kedua, Spontanitas
Mereka tidak terlalu hati-hati, namun juga tidak sembrono. Bila terlalu hati-hati, justru akan membuat daya kreatif kita tidak dapat tumbuh. Terlalu sembrono ataupun terlalu gegabah juga tidak berujung pada solusi yang lebih baik.
Ketiga, Menyukai hal-hal yang Berbau Humor
Banyak orang-orang yang mencapai prestasi yang sangat tinggi mempunyai selera humor yang tinggi, hanya memang selera humor yang mereka miliki agak berbeda dengan selera humor orang-orang pada umumnya. Biasanya humor-humor mereka mengandung filosofi atau pelajaran hidup, jadi bukan humor-humor kampungan seperti orang-orang pada umumnya.

Keempat, Punya Kepekaan yang Tinggi Terhadap Dirinya Sendiri
Orang kreatif sangat peka terhadap apa yang mereka rasakan, apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka ucapkan. Sehingga mereka leboh banyak menggali ke dalam dirinya sendiri. Mereka memang membutuhkan bantuan orang lain, namun mereka tidak selalu mengandalkan orang lain.

Kelima, Bisa Melihat Sesuatu yang Tidak Bisa Orang Lain Lihat
Orang yang kreatif pandai melihat peluang, mereka mampu membaca potensi mereka yang masih tersembunyi, dan mereka mampu membaca sumber daya apa saja yang bisa digunakan. Orang Kreatif tidak terkubur oleh realita, namun berjalan diatas realita sehingga mata pikirannya masih mampi melihat dengan baik.

Keenam, Mempunyai Orientasi Hidup pada Tindakan ( Action )
Orang Kreatif menjadikan konsep sebagai acuan atau petunjuk. Jadi bukan suatu praktek yang asal ( tanpa konsep sama sekali ). Orang kreatif mempunyai idealisme tetapi bukan hanya idealisme. Mereka mempunyai kemampuan membuat konsep, keputusan dan perencanaan yang dapat dijalankan di lapangan. 

Ketujuh, Melawan Tantangan
Mereka tidak berpasrah terhadap kenyataan yang dihadapi, orang yang kreatif memilih keputusan untuk maju walaupun harus belok, melompat, maupun berhenti dahulu.  Mereka akan melawan tantangan yang ada di depan mata.

Kedelapan, Punya Perbedaan Tersendiri
Perbedaan yang dipunyai orang kreatif adalah perbedaan yang berarti punya keunggulan, keunikan dan estetika. Bukan perbedaan yang dibuat-buat, maupun perbedaan yang asal aneh. Perbedaan yang mereka miliki biasanya memiliki nilai positif yang sangat bermanfaat.