Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 11 Maret 2012

Indonesia Penghasil Spam Ketiga di Dunia

22.02
Dalam Report Spam Evolution 2011 dari Kaspersky Lab, Ada data menarik tercantum Penghasil Spam di dunia berubah cepat. Bila tahun lalu Amerika Serikat duduk di peringkat atas, tahun ini negeri Uncle Sam itu tak ada dalam daftar Kaspersky. Posisinya digantikan oleh India yang tahun lalu duduk di nomor dua.


spam, junk mail, spam indonesia, virus
Yang unik, Indonesia kini hadir di nomor tiga, setelah Brazil. Ini berarti posisi Indonesia naik secara cepat. Sebab pada tahun 2010, Indonesia menempati peringkat 16. Sementara Brazil tahun sebelumnya ada di peringkat 5.  Namun secara regional, Asia, Amerika Latin dan Eropa Timur tetap merupakan penghasil utama junk mail.

Berita baiknya, jumlah spam menurun jadi 80,26%. Berita buruknya, jenis spam kian berbahaya dan memanfaatkan social engineering. Spam bisa saja seakan-akan berasal dari badan pemerintah resmi atau layanan online dengan tajuk penawaran khusus, ancaman untuk menutup akses beberapa akun online, tawaran tiket elektronik, sampai petunjuk penyelamatan password e-mail. Topik-topik hangat seperti Gempa di Jepang, kematian pemimpin Libya Muammar Gaddafi dan kematian Kim Jong-il dari Korea Utara juga dimanfaatkan untuk spam yang dikenal sebagai Nigerian scam.

Tahun lalu, Spear Phishing meruyak. Ini adalah spam yang menyasar kelompok pengguna tertentu dengan pesan yang berbeda untuk setiap penerima.  Tujuannya adalah mencuri detil login pengguna dan mendapatkan akses atas layanan online, perbankan online, atau mencuri informasi rahasia.
Dalam laporannya, Kaspersky juga menyebutkan bahwa situs YouTube sebagai potensi  terbesar dalam menyebarkan link  berbahaya. Search engine, termasuk Google dan Yandex, menjadi sumber resiko tertinggi kedua pengantar ke situs terinfeksi. Sementara itu Facebook dan Vkontakte banyak dipakai penyebar virus untuk menyebarkan konten yang berbahaya. Exploit Pack masih menjadi senjata utama infeksi berbasis browser, yang memungkinkan penyebar virus melakukan penyebaran dengan cara drive-by tanpa si korban menyadari adanya serangan tersebut.



Incoming Search :


kemeja, tutorial, busana, wanita, investasi, entry, software full version, wanita hamil, utama, obat tradisional, wifi, perseroan, komputer, senilai, rok mini, accesories, gaun, peluang bisnis, twitter, naik, bisnis sampingan, gratis, finance, informasi, elektronik, barang, video, versi, online, paket, bisnis online, gratis, kerja, agen, komunitas, menerima, kaya, lowongan, lowongan kerja, indonesia, website, bisnis internet, cerita lucu, usaha, peluang usaha, rumah audisi, gratisan, forum, gitar, android, olahraga, musim, ringan, audio,keyboard, pulsa, promo blog, herbal, pesta, software, drama, korea, puluhan, laris, foto, lagu, pegawai negeri sipil, lucu banget, ban mobil, artikel, lembaga pendidikan, high heels, download, uang, berita, perusahaan, arab, laptop, dress, kehamilan, handphone, pengalaman, data, lowongan kerja, bisnis modal kecil, berteman, akun, facebook, akun facebook, sosial media, murah,bisnis, cctv, web design, terbaru, kisah nyata, duit, ebook gratis, menerima, kaya, lowongan, hamil, video, barang, wanita, acara, olahraga, acara olahraga, hiburan, acara hiburan