Berita Terbaru
Loading...
Rabu, 10 Juli 2013

Tips Cara Agar Tidak Mudah Lemas Saat Puasa Ramadhan

09.19
Tips Cara Agar Tidak Mudah Lemas Saat Puasa Ramadhan. Salah satu persiapan Puasa Ramadhan adalah kesehatan, Nah bagaimana cara agar badan tetap fit selama menjalankan puasa ramadhan? Saya akan bagikan artikel mengenai Cara Agar Tidak Mudah Lemas Saat Puasa Ramadhan berikut ini:

Cara Agar Tidak Mudah Lemas Saat Puasa Ramadhan

Cara Agar Tidak Mudah Lemas Saat Puasa Ramadhan
1. Usahakan jangan tidur setelah sahur
Usahakan jangan tidur setelah sahur, tunggulah beberapa saat, Tidur setelah sahur ini akan membuat tubuh merasa lemas dan cepat lapar, karena saat tidur ion akan keluar, jadi kalau kita tidur setelah melaksanakan sahur, maka kita akan cepat kehilangan cairan dalam tubuh kita, sehingga saat pukul 9 pagi kita akan merasa lapar dan haus, serta kita juga akan malas melakukan sesuatu.
2. Saat sahur sebaiknya mengonsumsi Karbohidrat Kompleks
Hal ini disebabkan karbohidrat kompleks akan lebih lambat dipecah atau dicerna oleh gula darah, dengan demikian gula darah akan tetap stabil (tidak mengalami fluktuasi yang tinggi). Selain itu Karbohidrat kompleks juga sangat membantu proses metabolisme energi tubuh.
3. Jangan memakan Gorengan saat sahur
Makan gorengan ketika sahur sangat tidak dianjurkan, Hal ini disebabkan pasokan energi tubuh berkurang selama berpuasa. akibatnya seseorang akan mengantuk pada siang harinya.
4. Agar kenyang lebih lama, makanlah Nasi
Nasi itu sudah tidak asing lagi dengan lidah orang Indonesia. Selain menyehatkan, nasi juga dapat mengasup energi didalam tubuh. Untuk nasi putih, saat berpuasa tubuh bisa tahan selama 8 jam. dan jika ingin kenyang lebih lama, usahakan memakan nasi merah.., kenapa? Nasi merah bisa membuat tubuh kenyang dan tidak merasa lapar hingga 10 jam kedepan, karena penyerapan energinya bisa lebih lambat dibandingkan nasi putih.
5. Kurangi yang manis - manis
Makanan manis akan membuat tubuh melepaskan insulin dengan cepat sehingga memicu rasa cepat lapar. Fungsi insulin adalah memasukkan gula dari dalam darah ke dalam sel-sel tubuh dan digunakan sebagai sumber energi.
Makanan yang manis hanya bertahan 2 jam setelah dimakan. Padahal kita harus menahan puasa selama 14 jam jadi akan ada waktu 12 jam kondisi tubuh akan lemas.Cara Agar Tidak Mudah Lemas Saat Puasa Ramadhan
6. Mix Karbohidrat dan protein
Karbohidrat membuat Anda takut gemuk? Jangan khawatir! Karbohidrat sebenarnya penting agar tubuh tidak lemas ketika berpuasa. Kuncinya ialah, pilih menu karbohidrat dengan angka GI (Glycemic Index) yang rendah agar gula darah naik perlahan dan kenyang bertahan lebih lama. Lalu, apa saja yang mengandung GI rendah? Diantaranya beras merah, oatmeal dan roti gandum. Tak hanya itu, protein pun berguna menjadikan perut terasa lebih kenyang. Jadi, pilihlah susu, ikan, daging serta kacang-kacangan.
7. Asupan air 10 gelas setiap hari
Karena ketika berpuasa tidak bisa minum, aturlah asupan air setidaknya 10 gelas setiap hari. Tak mesti mengkonsumsi air mineral, namun juga bisa lewat jus buah, teh atau sup.
8. Awali dengan minum terlebih dahulu
Langkah tepat agar kadar gula meningkat perlahan ialah minum teh manis hangat dengan 3-5 biji kurma terlebih dahulu, baru 10-20 menit kemudian berbuka puasa. Ini bertujuan untuk gula tak cepat naik dan pankreas tidak terkejut. Hindari juga makan makanan yang digoreng dan bersantan, dan pilihlah menu yang dipanggang, atau
dibakar saja.
9. Berolahraga kecil
Jangan langsung tidur usai sholat subuh. Berolahraga kecil di depan rumah sambil menghirup udara segar, maka tubuh akan lebih
bugar. Bila perlu, lepas sandal dan berjalan di atas kerikil berukuran agak besar untuk melancarkan peredaran darah.
Apabila Anda mengantuk di siang hari, cobalah untuk melihat tetumbuhan hijau dan bersenam-senam meluruskan badan sejenak. Tubuh akan terasa lebih ringan dan Anda siap menanti berbuka puasa.

Demikian Tips Cara Agar Tidak Mudah Lemas Saat Puasa Ramadhan