Berita Terbaru
Loading...
Selasa, 09 Juli 2013

Tips memilih makanan dan minuman saat berpuasa

15.28
Tips memilih makanan dan minuman saat berpuasa. Anda yang berpuasa sebaiknya tahu mana minuman dan makanan yang bagus untuk sahur dan buka puasa. Saya akan bagikan Tips memilih makanan dan minuman saat berpuasa berikut ini: makanan dan minuman saat berpuasa

Tips memilih makanan dan minuman saat berpuasa

Makanan saat puasa - Makanan adalah hal yang paling utama untuk menentukan kondisi tubuh kita ketika berpuasa. Jika kita makan makanan yang tidak baik maka kondisi tubuh kita akan menururun apalagi ketika kita berpuasa tubuh kita akan sensitif dengan penyakit. Kita harus bisa mengontrol gizi dalam tubuh kita supaya tubuh kita tetap terjaga dan puasa kita lancar. Untuk itu kita harus mengetahui makanan yang baik atau yang perlu di hindari saat kita puasa.Foto daftar makanan dan minuman saat berpuasa ramadhan
Menu yang sebaiknya dipilih untuk sahur dan berbuka adalah yang kandungannya memenuhi kecukupan gizi dan nutrisi yang diperlukan tubuh, yakni kombinasi antara karbohidrat, protein, vitamin, dan serat serta air putih yang cukup. Selain perlu memenuhi kecukupan gizi, sejumlah makanan disarankan tidak menjadi bagian dari menu, terutama saat sahur. Cokelat dan keju, misalnya, merupakan dua makanan yang perlu dihindari. Hal itu dikarenakan kandungan lemak dalam cokelat dan keju mampu memperlambat proses pengosongan perut.

Konsumsi wajib saat puasa :


1. Utamakan mengonsumsi air putih secukupnya untuk menghindari dehidrasi dan memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa.
2. Konsumsi vitamin dan minuman elektrolit, misalnya air kelapa, untuk menggantikan elektrolit dalam tubuh selama berpuasa.
3. Makan buah yang banyak mengandung air, seperti semangka. Atau kalau mau praktis, bisa juga mengonsumsi jus buah.
4. Perbanyak konsumsi makanan kaya serat.
5. Konsumsi menu dengan karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada gandum, nasi merah, dan ubi. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat menstabilkan gula darah dan dapat memberikan efek kenyang lebih lama.

Yang harus dihindari saat puasa :


1. Minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung yakni kopi, sari buah sitrus seperti jeruk yang memberikan kesegaran sesaat, serta susu.
2. Makanan sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Misalnya kue tart, coklat, dan keju.
3. Makanan yang secara langsung merusak dinding lambung, yaitu makanan yang mengandung cuka dan pedas, serta merica dan bumbu yang merangsang.
4. Makanan yang menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan antara lain coklat, makanan tinggi lemak, gorengan.
5. Harus dihindari juga, antara lain makan permen. Khususnya permen karet karena memicu keluarnya asam tinggi.

Nah setelah kalian membaca tips memilih makanan dan minuman saat berpuasa, semoga kalian bisa memilih makanan yang baik untuk kesehatan kita supaya badan kita tetap sehat ketika kita puasa.