Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 11 Mei 2013

Cara Membuat Daftar Isi Agar Titik-Titik Rapi di Microsoft World 2003, 2007, 2010 dan 2013

16.06
Cara Membuat Daftar Isi Agar Titik-Titik Rapi di Microsoft World 2003, 2007, 2010 dan 2013 ~Daftar Isi merupakan halaman penting dalam suatu karya tulis ilmiah, baik berupa makalah, skripsi, tesis, disertasi, buku, dan karya tulis ilmiah lainnya, karena dengan adanya halaman ini, memudahkan bagi pembaca untuk menemukan topik tertentu dalam sebuah karya tulis ilmiah.
Daftar isi MS Word
Selain itu, dengan Daftar Isi pula, memudahkan pembaca untuk mempelajari pokok-pokok bahasan dari sebuah karya tulis yang akan dibacanya. Namun demikian, mungkin ada orang yang kebingungan ketika harus membuat sebuah daftar isi agar baik dan rapi, terlebih harus merapikan posisi titik-titik dalam sebuah halaman daftar isi.

Cara Membuat Daftar Isi Agar Titik-Titik Rapi di Microsoft World 2003, 2007, 2010 dan 2013

Berikut adalah cara membuat titik-titik pada daftar isi agar terlihat rapi menggunakan Microsoft Office 2007

  1. Bukalah program microsoft office sehingga muncul lembar kerja yang masih kosong. Lalu, pastikan batang “ruler” yang ada pada lembar kerja dalam keadaan aktif. Jika belum aktif, aktifkan dengan memilih menu “view” lalu beri centang pada “ruler”,
    Ruler MS Word
  2. Ketikkan “DAFTAR ISI”. Pada baris kedua, ketikkan “KATA PENGANTAR”
    Pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, klik pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf “L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah posisinya seperti gambar berikut:
    Tab Symbol
  3. Langkah selanjutnya adalah klik dua kali tanda “L” yang pertama yang berwarna hitam di atas hingga muncul jendela Tab seperti di bawah ini:
    Tab Position MS Word

    Lalu aturlah hal-hal sebagai berikut :
    Nilai pada tab stop position abaikan
    Nilai pada default tab stops abaikan
    Pada Alignment klik “Right”
    Pada Tab Leader pilih No.2
    Lalu Klik tombol Set
    Lalu Klik OK
  4. Setelah itu, perhatikan bahwa tanda “L” yang pertama berganti posisi menjadi seperti “L” terbalik sebagaimana gambar berikut:
    Left Tab Position MS Word
  5. Langkah selanjutnya, masih pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol Tab, sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik, Maka secara otomatis akan muncul titik-titik sebagaimana gambar berikut :
    Tab Enter MS Word
  6. Langkah selanjutnya adalah tekan sekali lagi tombol Tab pada papan keyboard, sehingga kursor meloncat pada tanda L yang kedua, lalu isikan angka halaman untuk KATA PENGANTAR (biasanya halaman i).
  7. Selesai membuat titik-titik dan mengisi nomor halaman pada KATA PENGANTAR, selanjutnya tekan tombol enter, maka tanda L yang telah anda buat pada langkah sebelumnya akan terbawa pada baris selanjutnya. Artinya, Anda tidak perlu lagi mengulangi langkah di atas, yang diperlukan adalah melanjutkan mengetik elemen dari DAFTAR ISI, seperti DAFTAR ISI, ABSTRAK, dan lain-lain.
Catatan : posisi tanda tab (L) di atas dapat anda atur dengan mendrag salah satu tanda tab (L) lalu geser sesuai posisi yang diinginkan.

Demikianlah tutorial bergambar bagaimana cara Cara Membuat Daftar Isi Agar Titik-Titik Rapi di Microsoft World 2003, 2007, 2010 dan 2013. Walaupun teknik di atas menggunakan contoh Microsoft World 2007, namun prinsipnya masih bisa dipakai di Microsoft World versi yang lain. Semoga bermamfaat dan jika ada masalah bisa menyampaikan lewat kolom komentar di bawah.