Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 16 Maret 2013

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

19.41

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan. Jika pembaca ingin tahu manfaat dan kasiat rumput laut bagi kesehatan, anda bisa baca artikel Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan. Siapa sih yang tidak kenal dengan rumput laut, salah satu tanaman laut ini sudah sejak lama di konsumsi karena rasanya memang enak. Rumput laut atau juga di sebut seaweed merupakan tanaman laut jenis alga, berbeda dengan tanaman pada umumnya, rumput laut tidak mempunyai akar , daun dan batang. Namun rumput laut memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain, dimana warna inilah yang menggolongkan jenis rumput laut. Secara umum rumput laut yang dapat di makan adalah jenis ganggang biru kehijauan ( cyanophyceae ), ganggang merah ( rodophyceae ),ganggang hijau ( chlorophyceae ) dan ganggang cokelat ( phaeophyceae ).

Foto Gambar Rumput Laut

rumput laut

Selain nikmat, kandungan gizi rumput laut pun cukup mantap. Rumput laut pada umumnya kaya akan mineral, kira - kira ada 77 mineral terdapat dalam rumput laut.  Dalam buku Vegetables from the sea karya seibin dan Teruko arasaki, semua mineral yang di perlukan tubuh termasuk kalsium, fosfor, natrium, magnesium, kalium, yodium, seng dan besi terdapat dalam rumput laut. Dalam rumput laut juga terkandung beberapa jenis vitamin, mulai dari vitamin A ( dalam bentuk betakaroten ), vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita ambil dari rumput laut :

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

  • Mencegah Osteoporosis

Rumput laut kaya akan kandungan kalsium alami, sehingga dengan mengkonsumsi secara rutin rumput laut dapat menambah asupan kalsium agar tulang lebih kuat dan mencegah resiko osteoporosis. 

  • Menyehatkan Rambut

Kandungan mineral dalam rumput laut dapat bermanfaat untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut.

  • Mengatasi Radang Sendi

Kandungan kalsium dan magnesium dalam rumput laut dapat membantu mengatasi  keluhan radang sendi, seperti nyeri sendi, kaku sendi, bengkak sendi dan gangguan fungsi sendi.
  • Antioksidan

Kandungan klorofil pada ganggang laut hijau dapat bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas.
  • Antidiabetes

Kandungan serat dalam rumput laut membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan mengontrol kadar gula darah dengan cara mengurangi kecepatan penyerapan gula dari makanan.
  • Menurunkan Tekanan Darah

Para ilmuwan jepang mengungkap bahwa ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, bagi penderita stroke, mengkonsumsi rumput laut dapat menyerap kelebihan darah dalam tubuh.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan. Terimakasih Open-mouthed smile