Berita Terbaru
Loading...
Jumat, 15 Maret 2013

Tips Diet Sehat dan Cara Menurunkan Berat Badan

14.37

Tips Diet Sehat dan Cara Menurunkan Berat Badan.  Banyak cara untuk diet dan cara untuk menurunkan berat badan. Tetapi apakah cara diet yang anda gunakan aman? Jika ingin tahu bagaimana cara diet yang aman, berikutTips Diet Sehat dan Cara Menurunkan Berat Badan.

Bagaimana cara Diet yang sehat?

bingung cara diet yang benar

Saat ini banyak sekali iklan yang menawarkan program diet dan penurunan berat badan secara cepat dan mudah, hanya beberapa hari bisa turun beberapa kg. Apakah benar bisa seperti itu? Pada kenyataannya, cara diet dan menurunkan berat badan tidaklah semudah seperti kata iklan. Butuh banyak perjuangan untuk bisa menurunkan berat badan anda. Kalaupun ada program diet dan penurunan berat badan yang bisa cepat, anda harus cari tahu apakah program tersebut sehat dan baik bagi kesehatan anda? Untuk itu anda harus tahu tips diet sehat dan cara menurunkan berat badan secara sehat.
Program diet dan penurunan berat badan yang sehat tidak hanya membuat anda terlihat dan merasa lebih baik, tetapi juga akan mempengaruhi kesehatan anda di kemudian hari. Memiliki berat badan yang ideal menurunkan kemungkinan anda terserang penyakit berbahaya seperti serangan jantung atau diabetes. Berikut adalah beberapa tips diet sehat - cara menurunkan berat badan.

Berat Badan - Tips Diet Sehat DIY Untuk Turunkan Berat Badan

Cara makan sehat untuk menurunkan berat badan :
  • Makanlah dengan santai, dan nikmati setiap gigitan, bau, dan rasa dari makanan anda.
  • Cobalah untuk tidak makan sambil bekerja, menonton televisi, membaca, menggunakan komputer, atau mengemudi.
  • Cobalah cari pengalaman makan yang baru, misal mencoba makan menggunakan sumpit daripada menggunakan garpu.
  • Kunyah makanan lebih lama, kurang lebih 30 kali sebelum ditelan.
  • Berhenti makan sebelum kenyang. Untuk menghindari anda makan terlalu banyak maka biasakan anda makan menggunakan piring yang berukuran kecil.
  • Jika anda merasa sudah makan dengan porsi yang cukup tetapi masih sedikit merasa lapar, tambah dengan makanan ringan yang sehat.

cara menurunkan berat badan

      Makanan dan minuman sehat untuk menurunkan berat badan :
      • Fokus pada buah-buahan dan sayuran. Kadar air dan serat yang tinggi, juga kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu kesehatan dan vitalitas tubuh secara keseluruhan.
      • Beralih dari karbohidrat sederhana ke karbohidrat kompleks. Kurangi makanan roti putih dan nasi putih, makanlah lebih banyak gandum (roti gandum atau beras gandum). Gandum mampu memberi energi jangka panjang dan memberi rasa kenyang lebih lama karena memiliki kandungan serat yang tinggi.
      • Pilihan protein. Protein memberikan rasa kenyang lebih lama daripada karbohidrat, namun kurangi konsumsi protein hewani seperti daging sapi karena daging sapi juga mengandung banyak lemak. Ganti dengan protein berkualitas dari biji-bijian yang tidak mengandung lemak seperti buncis dan kacang.
      • Minum air lebih banyak. Ganti minuman soda, alkohol, atau kopi dengan air putih. Selain menghindari konsumsi kalori ekstra, juga membantu pencernaan makanan lebih mudah.
      • Minum multivitamin jika anda merasa nutrisi yang anda konsumsi kurang.

      Tips Menurunkan Berat Badan

          Gaya hidup sehat untuk menurunkan berat badan :
          • Olahraga. Tidak hanya untuk membakar kalori, olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak dibutuhkan waktu lama dan hanya olahraga ringan seperti naik tangga, hanya 3 X 10 menit dalam sehari sudah cukup untuk membuat tubuh anda sehat.
          • Tidur cukup. Orang yang kurang tidur memiliki resiko tinggi obesitas karena membuat tubuh merasa lapar. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda tetapi rata-rata sekitar 8 jam.
          • Matikan televisi. Aktivitas menonton televisi membakar lebih sedikit kalori daripada tidur. Jika memang anda harus menonton televisi, lakukan sambil berolahraga ringan misal sit-up atau jogging di tempat.
          • Memasak sendiri makanan anda, sehingga bisa mengontrol bahan-bahan dalam makanan. Pada umumnya restoran menggunakan lebih banyak sodium, lemak, dan kalori dalam makanan.
          • Tidak belanja di saat lapar, dan simpan makanan yang menggoda selera di tempat yang tidak mudah terlihat oleh mata.
          • Makan lebih sedikit dan lebih sering, lebih baik daripada makan jarang namun dengan porsi yang besar.