Berita Terbaru
Loading...
Sabtu, 02 Maret 2013

Kandungan Kacang Kedelai serta Khasiat dan Manfaatnya

Kandungan Khasiat Manfaat Kedelai untuk Kesehatan - Kedelai atau nama latinnya  Glycine max (L) Merril  merupakan tanaman pangan berupa semak yang tumbuh tegak. Tanaman ini berasal dari daerah Manshukuo (Cina Utara). Penyebaran tanaman kedelai ke Indonesia pada abad ke 17 yang berasal dari daerah Manshukuo menyebar ke daerah Mansyuria:  Jepang (Asia Timur) dan negara – negara lain di Amerika dan Afrika. Lihat juga Kandungan dan Manfaat Kunyit.

Begitu banyak para peneliti yang mengungkap akan keunggulan kacang kedelai. Tak heran jika saat ini ada sebutan kedelai naik gengsinya. Karena dari tanaman kedelai ternyata bisa dibuat beragam olahan makanan.
Sebut saja, tempe mendoan yang berasal dari kedelai, lalu ada tahu gejrot asal Cirebon yang juga dibuat dari kedelai. Makanan populer lainnya ada tumis tempe tahu, rempeyek kedelai, tofu, atau susu kacang kedelai yang sedang naik daun belakangan ini. Bagi Anda yang senang dengan bertandang ke resto Jepang, semangkuk kacang kedelai rebus (edamame) bisa dijadikan sebagai camilan sembari menunggu hidangan disajikan.

Kandungan Kacang Kedelai

Dari kandungan gizinya, kedelai yang oleh Jepang dinamakan edamame ini merupakan makanan yang banyak kandungan nutrisinya sebagai sumber protein, lemak, vitamin, mineral juga merupakan serat yang paling baik. Tak hanya itu, susunan asam amino pada kedelai lebih lengkap dan seimbang dibanding kacang lainnya.
Kandungan nutrisi lainnya adalah kalsium, besi, potasium, dan phosphorus. Tak ketinggalan, kacang kedelai juga  kaya akan vitamin B kompleks. Kacang kedelai merupakan  salah satu yang mengandung protein tinggi, makanan yang berkalsium tinggi ini juga unik karena bebas dari racun kimia.
Kedelai yang dikenal sebagai makanan kaya serat ini juga mengandung lechitin yang bisa membangun kecerdasan dan daya ingat. lechitin ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang seorang anak, karena memiliki kandungan nutrisi serta vitamin yang diperlukan seorang anak. Lechitin juga memiliki kandungan asam linoleat, asam linolenat, serta asam oleat yang amat sangat diperlukan dan dibutuhkan seorang anak guna tumbuh kembangnya, agar dia sehat, cerdas, dan pintar.

Manfaat Kacang Kedelai
Ditilik dari harganya, kedelai merupakan bahan pangan yang murah dan bergizi. Dengan mengkonsumsi tiap hari dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit. Nah, beberapa manfaat yang bisa dipetik dari kedelai adalah sebagai berikut:
1.  Zat Pembangun
Kedelai banyak mengandung protein yang berfungsi sebagai pembangun tubuh. Baik untuk perkembangan sel- sel otak pada anak – anak, protein kedelai juga menyehatkan tubuh, meningkatkan stamina, dan produksi sel tubuh yang baik.
2. Mengurangi Gejala Menopause
Kandungan kedelai berupa fitoestrogen dan isoflavin dapat membantu memberikan rasa nyaman saat gejala menopause datang. Menopause terjadi karena kadar estrogen tubuh berkurang, sehingga menyebabkan kulit  kering, emosi tak stabil, dan depresi. Maka dengan memperbanyak konsumsi protein kedelai membantu kebutuhan untuk bertahan dari efek gejala menopause.
3.  Mencegah Osteoporosis
Peptida hasil kedelai dicerna dalam tubuh ternyata mengandung banyak kalsium. Dan dengan bantuan produksi kalsium dari kedelai dapat membantu kita mencegah osteoporosis. Kedelai dapat membantu anak – anak menambah asupan kalsium selain dari susu berkalsium.
4. Mencegah Atherosclerosis
Karbohidrat berupa serat kasar yang terdiri dari zat – zat pembakar lemak dalam tubuh, usus, atau pembuluh darah. Karbohidrat jenis ini yang terkandung dalam kedelai  yang bisa mencegah Atherosclerosis.
5. Anti Aging
Kandungan isoflavin dalam kedelai ternyata bersifat anti aging. Senyawa ini akan larut dalam air. Isoflavin sangat baik untuk membantu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.
6. Mencegah Kanker
Isoflavin adalah kandungan ajaib dalam kedelai yang mampu mencegah penyakit seperti : kanker payudara, usus besar, kanker prostat, paru – paru, kanker perut ataupun rahim.

Beragam Khasiat Kacang Kedelai
Dengan komposisi senyawa yang dikandungnya, sangat wajar jika kemudian khasiat kacang kedelai menjadi kompleks. Adapun khasiat tersebut antara lain:
  1. Sebagai anti oksidan bagi manusia. Dengan mengkonsumsi olahan kacang kedelai seperti susu, tahu, tempe dan lainnya, sel-sel di dalam tubuh akan terpelihara dan terlindungi dari pengaruh buruk radikal bebas.
  2. Kacang kedelai juga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.
  3. Kacang kedelai bisa mereduksi kadar kolesterol di dalam darah.
  4. Melenyapkan batu empedu.
  5. Melindungi dan menjaga kardiovaskuler dengan cara melarutkan sel busa yang merekat sehingga jantung bisa bekerja secara normal tanpa hambatan.
  6. Kandungan insitol di dalam kacang kedelai bisa menanggulangi penyakit diabetes. Letichin juga melindungi sel-sel yang ada pada organ pancreas sehingga ia mampu berfungsi secara baik dalam memproduksi insulin di dalam tubuh.
  7. Khasiat kacang kedelai selanjtunya adalah mengobati penyakit semacam ginjal juga impotensi.
  8. Kacang kedelai juga mengandung alfa karoten, alfa tokoteritenol, alfa tekoferol, beta tokotreinol, dan komponen senyawa lainnya yang ada di dalam letichin. Senyawa ini merupakan komponen anti-oksidan yang kabarnya bisa melawan virus HIV!
  9. Kacang kedelai mengandung asam oeleat yang cukup vital dalam pembentukan kecerdasan genetik manusia utamanya anak-anak.
  10. Kandungan zat molibenum pada leticih kacang kedelai bisa melindungi sel otak dari pengaruh buruk alkohol, narkoba, depresi dan gangguan mental lainnya. Anda tahu kan kebiasaan orang jepang mengkonsumsi sake dan bagaimana kehidupan mereka yang penuh dengan tekanan? Tapi mereka sehat dan sejahtera, rahasianya ada di kedelai ini.
  11. Khasiat kacang kedelai lainnya adalah menghaluskan kulit, membuatnya bercahaya dan segar, mengurangi potensi penuaan dini, menyuburkan rambut, pikun dan masih banyak lagi lainnya.