Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 30 Juni 2013

[Info] Prinsip Evaluasi

Sobat New Generations...
Ada satu prinsip umum dan penting dalam kegiatan evaluasi, yaitu adanya triangulasi atau hubungan erat 3 (tiga) komponen, yaitu antara :

  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Kegiatan Pembelajaran (KBM)
  3. Evaluasi

Dari gambar diatas terlihat bahwa antara ketiga komponen saling berhubungan yang menandakan bahwa ada sebab dan akibat yang mempengaruhi satu sama lainnya. Hubungan sebab dan akibat tersebut dapat dilihat dibawah ini :

1. Hubungan antara tujuan dengan KBM

Kegiatan belajar mengajar yang dirancang dalam bentuk rencana mengajar disusun oleh guru dengan mengacu pada tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian, anak panah yang menunjukkan hubungan antara keduanya mengarah pada tujuan dengan makna bahwa KBM mengacu pada tujuan, tetapi juga mengarah dari tujuan ke KBM, menunjukkan langkah dari tujuan dilanjutkan pemikirannya ke KBM.
2. Hubungan antara tujuan dengan evaluasi

Evaluasi adalah kegiatan pengumpulan data untuk mengukur sejauh mana tujuan sudah tercapai. Dengan makna demikian maka anak panah berasal dari evaluasi menuju ke tujuan. Di lain sisi, jika dilihat dari langkah, dalam menyusun alat evaluasi ia mengacu pada tujuan yang sudah dirumuskan.
3. Hubungan antara KBM dengan evaluasi
KBM dirancang dan disusun dengan mengacu pada tujuan yang telah dirumuskan. Dan evaluasi juga disusun dengan mengaju kepada tujuan. Selain mengacu pada tujuan, evaluasi juga harus mengacu atau disesuaikan dengan KBM yang dilaksanakan. Sebagai misal, jika kegiatan belajar mengajar dilakukan oleh guru dengan menitik beratkan kepada keterampilan, evaluasinya juga harus mengukur tingkat keterampilan siswa, bukan aspek pengetahuannya.
Kecenderungan yang terdapat dalam praktek sekarang ini adalah bahwa evaluasi hasil belajar hanya dilakukan dengan tes tertulis sehingga menekankan pada aspek pengetahuan saja. Sedangkan aspek-aspek lain kurang mendapatkan perhatian dalam evaluasi.
Secara garis besar, alat evaluasi yang digunakan dapat digolongkan menjadi 2 macam, yaitu tes dan bukan tes (nontes). Selanjutnya tes dan nontes ini juga disebut sebagai tekhnik evaluasi. Untuk penjelasan tes dan nontes akan saya jabarkan lebih lanjut di postingan saya selanjutnya.

Terima kasih, semoga bermanfaat bagi para sobat New Generations yang menjabat sebagai seorang tenaga pendidik atau mahasiswa yang akan melakukan evaluasi dalam penelitiannya.

Salam,
Yang Muda Yang Terdepan.