Berita Terbaru
Loading...
Minggu, 30 Juni 2013

Teknik Evaluasi Nontes

Sobat New Generations...
Dalam posting sebelumnya saya telah membahas mengenai Teknik Evaluasi Tes. Untuk kali ini akan saya berikan saudara kembar dari Teknik Evaluasi Tes, yaitu Teknik Evaluasi Nontes. Seperti yang telah dijabarkan dalam Teknik Evaluasi Tes mengenai pengertian dari tes itu sendiri dan terbagi menjadi berbagai macam, demikian pula dengan Teknik Evaluasi Nontes. Dalam teknik ini terdapat 6 (enam) buah jenis yang dapat dimasukkan kedalam nontes, yaitu :

1. Skala Bertingkat (rating scale)
Skala menggambarka suatu nilai yang berbentuk angka terhadap sesuatu hasil pertimbangan. Biasanya angka-angka yang digunakan diterakan pada skala dengan jarak yang sama. Meletakkannya secara bertingkat dari rendah ke yang tinggi. Dengan demikian maka skala ini dinamakan skala bertingkat.

2. Kuesioner
Istilah ini biasanya lebih dikenal dengan kata angket. Pada dasarnya kuesioner adalah sebuah daftar pertanyaan yang harus diisi oleh seorang yang akan diukur atau responden.
Ditinjau dari segi siapa yang menjawab, maka kuesioner dibagi menjadi kuesioner langsung dan tidak langsung. Sedangkan bila ditinjau dari segi cara menjawab maka koesioner dibedakan atas kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka.

3. Daftar Cocok (check list)
Daftar cocok adalah deretan pernyataan (yang biasanya singkat) dimana responden yang dievaluasi tinggal membubuhkan tada cocok (check list) di tempat yang sudah disediakan.

4. Wawancara
Wawancara atau interview adalah suatu metode atau cara yang digunakan untuk mendapatkan jawaban dari responden dengan jalan tanya jawab sepihak. Dikatakan sepihak karena responden tidak diberi kesempatan sama sekali untuk mengajukan pertanyaan.

5. Pengamatan (observasi)
Observasi adalah suatu teknik yang dilakukan dengan mengadaka pengamatan secara teliti serta pencatatan secara sistematis.

6. Riwayat Hidup
Riwayat hidup adalah gambaran tentang keadaan seseorang selama dalam masa kehidupannya. Dengan mempelajari riwayat hidup, maka subjek evaluasi akan dapat menarik suatu kesimpulan tentang kepribadian, kebiasaan, dan sikap dari objek yang dinilai.

Cukup sekian penjabaran tentang Teknik Tes Nontes, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Salam,
Yang Muda Yang Terdepan